Home » » Pengertian Biopori dan Manfaatnya

Pengertian Biopori dan Manfaatnya

Biopori adalah lubang sedalam 80-100 cm dengan diameter 10-30 cm, dimaksudkan sebagai lubang resapan untuk menampung air hujan dan meresapkan kembali ke dalam tanah. Biopori memperbasar daya tampung tanah terhadap air hujan, mengurangi genangan air yang salanjutnya mengurangi limpahan air hujan turun ke sungai. Dengan demikian mengurangi juga aliran dan volume air sungai ketempat yang lebih rendah.

Biopori

Teknologi biopori yang dicetuskan oleh Ir Kamir R Brata, M Sc dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan memanfaatkan aktifitas organisme kecil dan mikroorganisme untuk menguraikan sampah organik di dalam lubang. Makhluk-makhluk yang hampir tidak pernah hadir dalam ruang sadar kita ini membuat lubang-lubang kecil selama proses penguraian. Dalam waktu 2-4 minggu proses penguraian menghasilkan pupuk yang berguna sebagai nutrisi tanaman dan menyehatkan tanah.

Membuat lubang biopori bukanlah pekerjaan yang susah, hanya memang memerlukan daya yang cukup besar. Kedalaman yang disarankan adalah 80-100 cm, kedalaman yang memungkinkan organisme pengurai bekerja dengan optimal. Sedangkan diameter yang disarankan adalah 10-30 cm. Lubang resapan biopori ini setelah selesai dibuat harus diisi dengan sampah organik ( daun-daunan atau sisa sayuran atau sisa makanan )

Apabila teknologi biopori ini dapat diaplikasikan di tiap-tiap halaman rumah warga mungkin aliran air hujan di jalan-jalan kampung atau gang akan semakin berkurang, sampah daun-daun dan sisa makanan juga dapat terkelola dengan bijak dan kualitas tanah di sekitar rumah kita akan semakin sehat, apalagi kalau kemudian dilanjutkan dengan penghijauan di halaman rumah kita masing-masing, alangkah indah dunia ini.

Diambil dari : Note Subiyantoro Kurniawan
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Pengertian Biopori dan Manfaatnya" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger