Home » » Kenapa bajak laut suka memakai penutup mata ?

Kenapa bajak laut suka memakai penutup mata ?

Dari dulu saya selalu bertanya-tanya, kenapa Bajak laut identik dengan yang namanya penutup mata, Hampir semua film bajak laut yang pernah saya lihat, sang bajak lautnya pasti menggunakan penutup mata. Dulu saya pernah beranggapan bahwa bajak laut memakai penutup mata karena sebelah matanya ditusuk oleh lawanya, tapi setelah dewasa, anggapan itu saya buang jauh-jauh, kenapa? masak iya, Semua bajak laut ditusuk sebelah matanya oleh musuhnya.

http://1.bp.blogspot.com/-L-u7hT_9cCg/TVxBzC3Gi3I/AAAAAAAADhk/zoL9OdBgFV4/s1600/1.jpg

Dan baru-baru ini, saya menemukan jawaban dari pertanyaan sulit tersebut. Jawaban ini saya dapat dari majalah Bobo. Alasanya sangat simpel namun logis dan bisa dicerna dengan mudah menurut ilmu pengetahuan.

Lalu apa lasanya bajak laut menggunakan penutup mata ? Alasanya adalah karena pengaruh cahaya. Lho? Benar, kok bisa?. tentu saja bisa, pada jaman dahulu, kapal bajak laut belum dilengkapi dengan sistem cahaya seperti sekarang, sehingga kapal-kapal bajak laut tersebut tidak memiliki lampu. Hasilnya bagian geladak kapal dalam sangat gelap. Namun sebaliknya, geladak kapal bagian atas justru sangat terang, hal ini karena pantulan sinar matahari langsung mengenai bagian geladak atas.

http://2.bp.blogspot.com/-jn1Bmb_BuWY/TVxB6g6RspI/AAAAAAAADh0/FIntEGkXP88/s1600/2.JPG

Lalu apa hubunganya dengan penutup mata ? Para Bajak laut menggunakan penutup mata agar matanya bisa langsung beradaptasi dengan keadaan tersebut. Bayangkan saja, setelah melihat cahaya yang terang (geladak atas), tiba-tiba mata harus langsung melihat ruangan gelap gulita yang minim cahaya (geladak bawah). Maka dari itu para bajak laut memerlukan penutup mata agar bisa cepat beradaptasi dengan keadaan tersebut.
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Kenapa bajak laut suka memakai penutup mata ?" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

4 comments:

Brigadir Kopi mengatakan...

penjelasan yang mantap secara ilmiah ..
tapi kalo menurut saya bajal laut tak ayalnya seperti icon dajjal dan freemansory

di kepala ada logo skull and bones tulang tengkorak.
Mata satu berati dajjal ,ini sebuah icon produk dari zionis dan freemansory ..sebab pada kenyataannya bajak laut tak seperti yang dibayangkan ..hehehe .. hanay padangan saja bro

coba tengok atau search mengenai lady gaga dan mata satu di google ..lebih lengkap dan mewakili argument yg saya maksud ..

keep post and nice info brur...

Anonim mengatakan...

yg dia tas gue sangat betulll bajak laut = all seeing eyee...!!!

Putu Eka mengatakan...

dilihat secara teknis mungkin kurang tepat dengan menutup mata sebelah, kalau menutup mata dua-duanya baru masuk akal untuk menyesuaikan perdeaan cahaya yang cukup keras (imho)

www.photographymonochrome.com

warrior mengatakan...

nice blog...visit my blog to get mp3 free oke...
http://4-shared.blogspot.com/

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger