Home » » Ekspedisi Takabonerate, Festival wisata bahari Sulawesi Selatan

Ekspedisi Takabonerate, Festival wisata bahari Sulawesi Selatan

Rasanya memang tak berlebihan jika menyebut Indonesia sebagai negara yang sangat beruntung. karena selain mempunyai tanah yang subur, sumber daya alam melimpah, dan keindahan alam darat yang memukau, indonesia juga dianugerahi keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Salah satu yang terindah di dunia.

Dan jika ditanya negara mana yang mempunyai keindahan taman laut yang memukau di dunia ini, maka Indonesia sudah pasti dan wajib menjadi salah satu nominasi. Bagaimana tidak, sebagai negara maritim terbesar di dunia dengan dua per tiga wilayahnya yang terdiri dari perairan, Indonesia mempunyai ratusan bahkan mungkin ribuan situs wisawa taman bawah laut yang memiliki pesona keindahan luar biasa dan tersebar dari mulai wilayah samudera hindia, laut banda, laut jawa, laut flores, sampai laut arafuru.

Dengan potensi laut seperti itu, maka tak heran jika kemudian berbagai situs wisata taman laut Indonesia sering dijadikan sebagai spot penyelaman (diving) oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

http://i1052.photobucket.com/albums/s442/laksana2/takabonerate.jpg

Dari sekian banyak taman bawah laut yang ada di indonesia, ada salah satu yang menurut saya berada di jajaran terdepan taman bawah laut terindah di Indonesia (bahkan dunia). Dan yang saya maksudkan tersebut adalah Taman laut Takabonerate, sebuah Kawasan wisata laut yang terletak di wilayah laut Flores, Sulawesi selatan.

 http://2.bp.blogspot.com/-rLhPcy8HtsU/UJ4y0bqARJI/AAAAAAAAHss/Wl1cm1mLyGI/s558/15.jpg

Oke, sebelum mengupas tuntas tentang Ekspedisi Takabonerate yang memang menjadi topik utama artikel ini, rasanya tak ada salahnya kalo kita bahas dulu tentang Taman laut Takabonerate. Taman Laut Takabonerate adalah gugusan Taman laut yang berada di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate. Kawasan ini terletak di laut Flores (sekitar 79-206 mil sebelah Selatan Benteng, ibukota Kabupaten Selayar). Secara administratif pemerintahan, kawasan ini terletak pada wilayah Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Dati II Selayar, Propinsi Sulawesi Selatan.

http://2.bp.blogspot.com/-VqVsHCaNlh0/UJ4yNdiI58I/AAAAAAAAHqo/rs3PJlIx_GU/s1600/4.jpg
Karang Atol Takabonerate, terluas ke-3 di dunia

Kawasan ini merupakan salah satu karang atol terluas di dunia, luasnya mencapai 220.000 hektar (terluas ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva).

Di Taman Nasional Taka Bonerate sendiri, ada 21 gugusan pulau, 6 diantaranya dihuni oleh penduduk. Dan istimewanya, Gugusan pulau-pulau di Taman nasional ini memiliki keunikan tersendiri, karena memiliki ratusan jenis karang dan mamalia laut yang langka dan unik, serta jarang dan sulit ditemukan di taman laut lainnya.

http://2.bp.blogspot.com/-AY8agK9HHM0/UJ4yMPyVhqI/AAAAAAAAHqQ/77Yhz0Bvizw/s1600/2.jpg
Salah satu gugusan pulau Taman Nasional Takabonerate

Topografi alam yang unik, Gugusan pulau yang indah, serta atraksi karang dan mamalia laut yang menawan membuat Taman laut takabonerate menjadi salah satu Tujuan Destinasi wisata utama di Sulawesi selatan, Hal ini didukung dengan mulai banyaknya fasilitas-fasilitas penunjang wisata di beberapa pulau di wilayah Takabonerate seperti Penginapan, restoran, serta alat penyewaan alat selam termasuk snorkling bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan taman laut Takabonerate.

http://3.bp.blogspot.com/-Bnmsk6Klw2g/UJ4yi8SjgNI/AAAAAAAAHrY/0NJ1dwq8lpw/s1600/8.jpg

http://1.bp.blogspot.com/-LTLdcQ4JbAk/UJ4yh-0B7LI/AAAAAAAAHrM/sHNTICdpHe4/s1600/7.jpg
Keindahan alam bawah laut dan pantai Takabonerate


http://2.bp.blogspot.com/-IzPgnUib1GY/UJ4yzttz4JI/AAAAAAAAHsg/8cXg8Ab9fIs/s1600/14.jpg

Tak perlu diragukan lagi bahwasanya Taman Laut Takabonerate mempunyai keanekaragaman Hayati yang cukup tinggi, bagaimana tidak, di Taman Laut Takabonerate ini, anda bisa menemukan berbagai jenis Tanaman laut, ikan, terumbu karang, molusca, serta penyu. Semuanya lengkap tersaji di Taman laut Takabonerate.

http://4.bp.blogspot.com/-BFETTPx6v28/UJ4yjeBSzKI/AAAAAAAAHrk/6YoKvDvaHHc/s1600/9.jpg
bentuk keanekaragaman hayati taman Laut takabonerate

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak satu per satu

Flora khas Laut
Jika anda adalah pecinta, pengemar, atau peneliti flora laut, maka datanglah ke Taman laut Takabonerate. Karena di Taman laut Takabonerate, anda bisa menemukan banyak sekali Flora khas laut, seperti Alga, Lamun, Cemara Laut (Casuarina equisetifolia), Pandan Laut (Pandannus sp), Ketapang (Terminalia catappa), sampai Waru Laut (Hibiscus tiliaceus).

Terumbu Karang
Taman laut Takabonerate merupakan salah satu taman laut yang punya koleksi Terumbu karang terlengkap di dunia. Berdasarkan data Kementerian Kehutanan, Di Kawasan Taman Laut Takabonerate tercatat ada sekitar 267 jenis terumbu karang, dimana 237 diantaranya sudah diidentifikasi. Jenis-jenis Terumbu karang tersebut antara lain adalah Karang Meja (Acropora spp), Akar Bahar (Antiphates sp),Karang tanduk (Acropora spp), Pavona spp, Montipora spp dan Fungia spp. Dan yang perlu digaris bawahi, hampir semuanya terumbu karang di kawasan Taman laut Takabonerate adalah jenis terumbu karang indah yang relatif masih utuh.

Ikan
Di kawasan Taman laut Takabonerate terdapat sekitar 362 jenis ikan yang terdiri dari ikan karang dan ikan konsumsi. Jenis-jenis ikan tersebut antara lain adalah Baronang (Siganus sp), Kerapu (Epinephelus spp), Napoleon wrasse (Cheilinus undulatus), Cakalang (Katsuwonus spp), Tenggiri (Scomberomorus spp), Cheitodon spp dan lain sebagainya. Jadi selain cocok sebagai wisata snorkling, Taman laut Takabonerate juga cocok sebagai destinasi wisata memancing.

Mollusca
Selain kaya akan Ikan dan Terumbu karang, Taman laut Takabonerate juga kaya akan spesies Mollusca. Di Taman laut Takabonerate, bisa ditemukan banyak sekali species mollusca, diantaranya adalah, Cumi-cumi (Squid sp), Gurita (Octopus sp), Triton (Charonia tritonis), Kerang mutiara (Pinctada spp), Kima (Tridacna spp), Lola (Trochus spp), dan masih banyak lagi yang lainnya, total semuanya sekitar 216 spesies.

Fauna Lainnya
Tak cukup sampai disitu, Taman laut Takabonerate juga menyuguhkan ragam fauna yang lain, seperti penyu (tercatat ada 4 jenis spesies penyu yang ada di taman laut Takabonerate, yaitu Penyu Hijau, penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang), udang dan kepiting, burung (terdiri dari 33 spesies), serta mamalia laut seperti ikan paus, lumbga-lumba, dan juga ikan duyung.


http://3.bp.blogspot.com/-m0zL1jTcosc/UJ4yy2BXgII/AAAAAAAAHsU/HW6cDu5JJAE/s1600/13.jpg

Oke, setelah sekilas saya membahas tentang preview Taman laut Takabonerate, Kini, kita sampai pada bab utama kita, Ekspedisi Takabonerate atau Takabonerate Islands Expedition. Ekspedisi Takabonerate adalah event festival wisata bahari tahunan bertaraf nasional yang rutin digelar di Taman laut Takabonerate sejak tahun 2009. Event ini juga merupakan salah satu kegiatan unggulan wisata bahari tahunan di Sulawesi Selatan dan bertujuan untuk mengangkat potensi wisata bahari Sulawesi selatan.

http://3.bp.blogspot.com/-VDMfPJA9LtY/UJ4yOUYhAgI/AAAAAAAAHq0/HvXZI8g1Z54/s1600/5.jpg

Untuk edisi tahun ini, Ekspedisi Takabonerate sudah memasuki tahun yang keempat dan akan diselenggarakan di Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan pada tanggal 18 - 21 November 2012.

Dan boleh dibilang, Ekspedisi Takabonerate tahun ini terasa sangat istimewa, karena selain menjadi salah satu rangkaian program Visit South Sulawesi 2012, Ekspedisi Takabonerate kali ini juga sudah mengalami penyempurnaan dibanding penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya.

Sejalan dengan tema Event ini, yaitu exploring islands for preservation of coral reef, event Ekspedisi Takabonerate tahun ini akan banyak mengutamakan kegiatan pelestarian terumbu karang disamping berbagai kegiatan wisata dan festival bahari.

http://1.bp.blogspot.com/-k5u2uHjTuvc/UJ4yM7-J2YI/AAAAAAAAHqc/mq5uMC0W3LE/s1600/3.jpg

Ekspedisi Takabonerate tahun ini juga mengutamakan kegiatan pelestarian terumbu karang, sesuai dengan tema acaranya, yaitu "exploring islands for preservation of coral reef". Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa melestarikan alam bahari, khususnya pelestarian terumbu karang, sehingga event Ekspedisi Takabonerate tak hanya sebagai ajang wisata saja, namun juga sebagai ajang pelestarian alam bahari Sulawesi Selatan.


http://1.bp.blogspot.com/-O54-ogv7F0I/UJ4yyNOs8iI/AAAAAAAAHsI/Wu7mg1wcQfs/s1600/12.jpg

Dalam event Ekspedisi Takabonerate yang keempat kali ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan selaku panitia acara telah menyiapkan sederet acara dan kegiatan yang siap memeriahkan gelaran acara Ekspedisi takabonerate. diantaranya adalah sebagai berikut:

KEGIATAN UTAMA
  • Internasional Fishing Competition (13 s/d 15 Oktober)
  • Fun Dive / Selam Gembira (19 s/d 20 Nopember 2012)
  • Lomba Fotografi/Photography Competition :
    1. Lomba Foto Bawah Laut/Underwater Photography (19 s/d 20 Nopember 2012)
    2. Lomba Foto Darat/Tourism Object Photography (19 s/d 20 Nopember 2012)

KEGIATAN PENDUKUNG
  • Fam Tour (19 s/d 20 Nopember 2012)
  • Lomba Penulisan Blog (19 s/d 21 Nopember 2012)
  • Parade Joloro Hias (19 Nopember 2012)
  • Pagelaran Seni Budaya (16 s/d 19 Nopember 2012) 5. Bakti Lingkungan Hidup (16 s/d 18 Nopember 2012. (Laras)

Selain acara di atas, Panitia juga akan menggelar Upacara pembukaan yang akan akan dilaksanakan pada tanggal 21 November di Lapangan Pemuda Benteng, Selayar. Upacara ini akan dimeriahkan oleh sederet parade musik dan tari tradisional yang akan dibawakan massal dengan tajuk "Gong Nekara Festival".

Bagaimana? meriah sekali bukan? Oleh karena itu, jika kebetulan anda sedang merencanakan liburan keluarga, maka tak ada salahnya untuk berlibur ke Taman laut Takabonerate, sekalian untuk memeriahkan event Ekspedisi Takabonerate.


http://4.bp.blogspot.com/-sQ7Og0T6jV0/UJ4yxp5RyOI/AAAAAAAAHr8/uowetRKIm2M/s1600/11.jpg

Inilah pertanyanyaan sering diajukan oleh banyak orang yang ingin berlibur ke Takabonerate, tapi masih belum tahu perihal akomodasi ke Takabonerate. Baiklah, akan saya terangkan.

Pada dasarnya ada 3 Alternatif moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Taman laut takabonerate, dengan rute perjalanan yang ditempuh adalah adalah Makassar - Benteng (kota utama di Selayar) - Gugusan kepulauan Takabonerate. Jadi darimanapun kota asal anda, sangat disarankan untuk transit dahulu ke Makasar, karena Makasar adalah kota yang menyediakan moda transportasi terlengkap untuk ke Taman Laut Takabonerate.

Berikut ini adalah 3 Alternatif moda transportasi untuk menuju ke Taman Laut Takabonerate:

http://4.bp.blogspot.com/-sQ7Og0T6jV0/UJ4yxp5RyOI/AAAAAAAAHr8/uowetRKIm2M/s1600/11.jpg 

http://4.bp.blogspot.com/-oTsVO-vGrTY/UJ4yK128l8I/AAAAAAAAHqE/wZI5sxslFfY/s1600/1.jpg

Memang agak ribet sih, tapi saya yakin, semuanya akan terbayar lunas dengan sensasi wisata taman laut Takabonerate yang tiada duanya, serta pengalaman yang tak terlupakan di taman laut Takabonerate.

Mau ke sana?

Sumber gambar dan referensi :
http://regional.kompas.com
http://www.tntakabonerate.com/
http://www.desmacenter.com
http://www.dephut.go.id
http://id.wikipedia.org
http://www.festivaltakabonerate.com
http://budpar.kepulauanselayarkab.go.id
http://tourismnews.co.id
http://beautifulnationalparkindonesia.wordpress.com
http://lafatah.wordpress.com
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Ekspedisi Takabonerate, Festival wisata bahari Sulawesi Selatan" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

2 comments:

Anonim mengatakan...

tetaBiadayHer Derek Newton Jersey
Andre Johnson authentic jersey
Arian Foster Jersey
guavinuelve

sumatera barat under water mengatakan...

luar biasa indah...
untuk wisata bawah laut sumatera barat silahkan kunjungi balik

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger