Home » » Sejarah penemuan Sepeda pertama di Dunia

Sejarah penemuan Sepeda pertama di Dunia

Sepeda adalah salah satu alat transportasi yang paling penting di dunia, karena selain ramah lingkungan, sepeda juga menjadi tonggak munculnya kendaraan-kendaraan lainya. Tercatat bahwa sepeda lebih dulu diciptakan dari mobil. Bahkan banyak yang berkata bahwa sepeda sudah dirancang oleh orang-orang jaman dulu (termasuk oleh Leonardo da Vinci).

Sepeda mempunyai sejarah yang panjang. Pertama kali diciptakan oleh Baron von Drais. Pada awalnya, baron bekerja sebagai pengatur atau mandor taman kerajaan di Paris. Karena taman kerajaan di Paris sangat luas, Baron kesusahan harus berpindah-pindah dari bagian taman satu ke taman yang lain. Untuk itulah baron kemudian berinisiatif untuk menciptakan sebuah alat yang bisa memudahkannya berpindah-pindah dengan cepat tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.



Pada tahun 1860, Baron berhasil membuat sebuah alat kendaraan berupa kursi yang dilengkapi dengan roda, bentuknya sudah menyerupai sepeda, hanya saja tak mempunyai genjotan. Sepeda pertama ini hanya berjalan dengan tenaga dorong. Karena pedalnya langsung tersambung dengan Ass depan. Sepeda ini dikenal dengan nama Draisienne (berdasarkan nama penemunya). Sepeda inilah yang kemudian ditetapkan sebagai sepeda pertama di dunia.



Sepeda Draisienne ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien 9bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi tonggak munculnya sepeda-sepeda modern di dunia.
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Sejarah penemuan Sepeda pertama di Dunia" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

6 comments:

My Laboratorium mengatakan...

bagus artikelnya.makasih ya karna auku dapat buat pr-ku dengan posting mu.kapan-kapan ke www.mylaboratorium.blogspot.com ya.TERIMA KASIH.

Unknown mengatakan...

dapat gambar sepedanya dimana????
hebat bisa dapat.....

Anonim mengatakan...

pake kayu semua, pasti berat banget
http://firdausbicycle.blogspot.com/

Gambar kendaraan Bemo mengatakan...

foto sepeda kayu lucu juga. ngejalaninnya ngga di kayuh. di tojeerrr.. hehe..

Bengkel Sepeda mengatakan...

Bermanfaat sekali gan postingannya tentang sejarah sepeda, jangan lupa kunjungi balik blog saya gan di bengkel sepeda, thanks gan.

Turbo VPN Unlimited PRO Apk mengatakan...

Suzuki Mobil Lampung



Lampung Utara



Turbo VPN Premium Apk



Showroom Anime



Showroom Apk



Game MOD Apk



Software PC Free



Cara Mengetik 10 Jari

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger