Home » , , » Basiyo, Legenda dagelan Mataram

Basiyo, Legenda dagelan Mataram

bagi sebagian besar rakyat Indonesia, legenda dunia dagelan indonesia mungkin adalah Warkop maupun Srimulat.Tapi bagi sebagian golongan tua terutama orang jawa, legenda dunia dagelan yang sebenarnya adalah seorang pelawak legendaris asal Yogyakarta,yang bernama Basiyo



Basiyo adalah salah satu pelawak besar.Basiyo mampu melintasi batas ruang dan waktu. Meski mungkin bagi sebagian besar orang Indonesia tidak mengetahui siapa itu Basiyo, namun mereka yang berlatar belakang Jawa (Mataram) relatif mengenalnya. Tidak peduli orang tua, orang muda, orang kota, orang desa, orang berpendidikan dan tidak. Basiyo dipercaya meninggal dalam usia 70-an yakni pada tahun 1984. Jadi kira-kira, beliau lahir tahun 1910-an

Salah satu ciri khas yang selalu menempel dalam setiap lawakanya adalah pembawaanya yang selalu menampakkan sifat sederhana yang menggambarkan rakyat jelata. Tak hanya itu, Basiyo juga selalu bisa menggabungkan musik tradisional jawa berbasis pangkur jenggleng dengan lawakannya tanpa harus keluar dari jalur lawak.



Basiyo terkenal dengan lawakan yang banyak orang mengistilahkan dengan "Dagelan Mataram". Dagelan Mataram (Yogyakarta) adalah jenis lawakan yang kemudian dipakai oleh Ibu Sri Mulat, untuk pergelaran kelilingnya (1940-an) yang kemudian dijadikan maskot pertunjukannya yang kemudian dikenal bernama Srimulat (Surabaya).

Sudah banyak sekali lawakan yang dibawakan basiyo dan para "sparing partner"nya. misalnya Basiyo mBecak, Degan Wasiat, Basiyo Kapusan, Kibir Kejungkir, Maling Kontrang-kantring, Gathutkaca Gandrung, Dadung Kepuntir, Basiyo mBlantik dan masih banyak lagi, semuanya mencapai lebih dari 100-an judul. Dan sudah banyak sekali dagelan basiyo yang formatnya mp3 yang sudah diupload oleh para pemuda penggemar basiyo, oleh karna itu bagi kalian yang ingin mendengarkan dagelan basiyo, kalian cukup mendownloadnya lewat internet.



saya sudah mendownload berbagai judul lawakan basiyo, dan hampir semuanya berhasil membuat saya tertawa cekikikan, apalagi yang judulnya gathot kaca gandrung sama yang basiyo mbecak ,saya jamin, kalian akan terpingkal-pingkla seperti saya jika kalian mendengarkan dagelanya (bahasa jawa only)

sumber : wikipedia
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Basiyo, Legenda dagelan Mataram" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

2 comments:

Unknown mengatakan...

saya kelahiran 87, tapi sejak kecil oleh ayah saya diperdengarkan lawakan lewat kaset yang bapak saya bisa sampai ketawa guling-guling, saya pun demikian. sudah agak besar saya tahu ternyata itu dagelan basiyo. Sampai sekarang pun, saya sudah bekerja di ugm, tetap saya masih mendengarkan lawakan edan pak basiyo melalui mp3. Kadang di radio retjobuntung juga masih ada. Bagi saya, Basiyo adalah jenius lawak yang pernah lahir d dunia. ndengerin judul mBecak sampai sekarang masih ketawa saya

Unknown mengatakan...

Saya lahir th 1982,tp sy penggemar berat mbh Basyo,sy seorang IRT,hampir di semua aktivitas saya sll di temeni mbh Basiyo, lwt lawakan yg tlah sy download, sy g prnh bosan walaupun sll sering sy putar,saya sngt terhibur,pekerjaan yg sy lakukan terasa enteng, terima ksh mbh Bas,karna lawakanmu sngt menghiburku.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger