Home » , » Manneken Piss, si Kecil yang suka Pipis

Manneken Piss, si Kecil yang suka Pipis

Banyak orang indonesia yang tak tahu, siapa itu Manneken Piss, padahal hampir semua orang indonesia pernah melihat atau bahkan mempunyai replikanya apalagi orang yang punya Aquarium, pasti tahu. Mungkin orang-orang tahu bentuknya tapi tidak tahu siapa itu Manneken Piss. Baiklah, kalau begitu, saya kasih tahu apa sebenarnya Manneken Piss dan bagaimana Asal-usulnya. manneken Piss adalah patung anak kecil yang terus saja mengeluarkan air pipisnya.

Begini nih penampakanya... ( pasti langsung tahu)



patung asli manneken piss ada di kota Brussel, dan menjadi ikon kota Brussel. Ikon kota Brussel ini sangat mendunia. Tidak terbayang jika ini adalah sebuah patung kecil di sudut gang. Tepat di perempatan yang jalan sempit, di sudut pertemuan jalan Rue de Chene dan Rue de l’Etuve, ada sebuah kolam kecil. Di atas kolam ada sebuah patung perunggu berbentuk anak kecil yang sedang pipis memancarg ke kolam. Patung ini cukup 61 cm saja tingginya. Mungil bukan?. Meskipun imut-imut, nama Manneken Pis sudah terkenal dan menjadi perhatian seluruh turis yang berkunjung ke Brussels. Tidak lengkap jika pergi ke ibukota Uni Eropa ini, kalau tidak mengunjungi Manneken Piss.

Asal-usul manneken Piss sendiri mempunyai beberapa versi, versi pertama menceritakan seorang pedagang kaya yang dalam kunjungannya ke kota bersama keluarganya, punya anak muda yang tercinta pergi hilang. Pedagang buru-buru membentuk partai pencarian yang menjelajahi semua sudut kota sampai anak itu ditemukan dengan senang hati buang air kecil di kebun kecil. Para pedagang, sebagai hadiah terima kasih kepada penduduk setempat yang membantu keluar selama pencarian, memiliki air mancur dibangun.

Legenda lain adalah bahwa seorang anak kecil yang hilang dari ibunya saat berbelanja di pusat kota. Wanita, panik karena kehilangan anaknya, berseru kepada semua orang dia menemukan, termasuk walikota kota. Sebuah pencarian di seluruh kota mulai dan ketika akhirnya sang anak itu ditemukan, ia kencing di sudut jalan kecil. Cerita ini diturunkan dari waktu ke waktu dan patung didirikan sebagai upeti kepada dongeng terkenal.

Legenda lain bercerita tentang anak muda yang terbangun oleh kebakaran dan mampu memadamkan api dengan air kencing, pada akhirnya membantu menghentikan ini benteng raja dari pembakaran ke bawah. Dan masih banyak lagi versi lainya



walaupun berasal dari banyak versi, tapi orang-orang tak peduli, yang penting asal bisa melihat patung asli ini, pasti rasanya sangat puas. Manneken Pis memang menjadi tujuan turis paling utama di Brussels. Semua toko suvenir menjual replika Manneken Pis berbagai ukuran dengan harga 3 sampai puluhan Euro. Manneken Pis dibuat oleh pematung Jerome Duquesnoy pada 1619. Ini untuk menggantikan patung aslinya dari batu yang sudah ada sejak 1388, namun hilang dicuri.

Kini, Replika Manneken Piss suadh diproduksi hampir di seluruh negara di belahan dunia ini, tak terkecuali Indonesia.

Original from Admin Sekedar Tahu, Silahkan Copas asalkan tetap menyertakan sumber www.sekedar-tahu.blogspot.com
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Manneken Piss, si Kecil yang suka Pipis" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger