Home » , » Suku Gallia, sukunya Asterix dan Obelix

Suku Gallia, sukunya Asterix dan Obelix

Kalian pasti pernah melihat film berjudul Asterix and Obelix baik yang versi nyata maupun yang versi kartun, Asterix dan Obelix adalah penduduk dari sebuah suku di Eropa yang bernama suku Gallia atau Galia. Di dalam film Asterix dan Obelix, diceritakan bahwa penduduk suku Gallia berhasil mempertahankan wilayahnya dari serangan pasukan romawi dan malahan menjadi sahabat Julius Cesar.


Karakter asterix dan obelix dalam kartun

Padahal menurut cerita sejarah yang asli, justru kebalikanya. Wilayah Gallia dapat direbut oleh pasukan Romawi melalui perang Gallia. Perang Gallia terjadi pada 58-51 SM atas ambisi Julius Caesar untuk memperluas wilayah kekaisaran Romawi ke utara. Bangsa Gallia di bawah Vercingetorix melawan dengan gigih, mereka akhirnya menyerah setelah benteng mereka dikelilingi oleh barikade oleh tentara Caesar untuk mencegah bangsa Gallia mendapat makanan dari luar. Kegigihan bangsa Gallia inilah yang kemudian mengilhami kartunis René Goscinny dan Albert Uderzo menciptakan tokoh kartun Asterix dan Obelix.

Siege-alesia-vercingetorix-jules-cesar.jpg
ilustrasi gambar saat penduduk gallia menyerah dihadapan Julius Cesar

Lalu, dimanakah sebenarnya wilayah suku Gallia,?. jika dirunut berdasarkan wilayah kerajaan romawi di Italia (dengan Colosseum Roma sebagai patokan pusatnya), maka Gallia adalah kawasan Eropa Barat yang saat ini adalah negara Italia bagian utara, Perancis, Belgia, Swiss bagian barat, serta bagian wilayah Belanda dan Jerman di barat Sungai Rhein.

wilayah kekuasaan suku Gallia

Suku Gallia termasuk salah satu suku Barbar yang ada di sekitar kekaisaran Romawi (pengertian suku Barbar yang sebenarnya adalah suku di daerah kekaisarang romawi yang belum bisa ditaklukan oleh kekaisaran Romawi, bukan pengertian umum yang mendeskripsiukan suku Barbar sebagai suku kejam yang brutal, pemakan daging, bertubuh besar, dan yang lainya). Orang-orang suku Gallia hidup menyebar di Eropa pada zaman Romawi, mereka menggunakan Bahasa Gallia.suku ini juga dikenal sebagai suku yang ramah dan sangat benci peperangan

Wilayah Gallia yang sebagia merupakan pegunungan menjadikan suku ini mempunyai banyak kekayaan alam yang melimpah (mereka sebagian besar tinggal di lereng peguungan Alpen Italia), hal inilah yang kemudian menjadikan Julius cesar sangat berambisi untuk memnguasai wilayah suku Gallia.

http://u.kaskus.us/2/zqcmgzai.png
gambar para penduduk gallian

Hingga kini ras keturunan suku Gallia masih simpang siur, masih banyak orang yang belum tahu secara pasti, tapi sebagian besar penduduk eropa mempercayai bahwa keturunan suku Gallia yang masih hidup hingga sekarang adalah orang-orang prancis yang hidup di daerah sepanjang pegunungan Alpen. Dan yang pasti, penampilan mereka tidak sama seperti asterix dan obelix.

disusun dari berbagai sumber

Disusun langsung oleh admin Sekedar-tahu.blogspot.com
silahkan copas asalkan tetap mencantumkan sumbernya
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Suku Gallia, sukunya Asterix dan Obelix" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger