Home » , » Pecalang, satuan keamanan adat Bali

Pecalang, satuan keamanan adat Bali

Karna masih dalam suasana hari raya Nyepi, maka postingan saya kali ini juga tak jauh-jauh dari nyepi. Hari raya nyepi adalah hari raya Umat Hindhu, pada hari raya tersebut, seluruh umat Hindhu harus mematuhi 4 pantangan,yaitu :

1. Tidak boleh bekerja.
2. Tidak boleh menyalakan lampu atau api.
3. Tidak boleh menikmati kesenangan.
4. Tidak boleh berpergian.

Oleh karna itu maka tak heran jika pada hari nyepi, suasana di Bali (yang mayoritas penduduknya adalah umat Hindhu) menjadi sangat sepi, hiruk pikuk serta kemeriahan suasana wisata Bali benar-benar hilang pada hari raya nyepi. Semua Umat hindhu di bali tidak ada yang keluar Rumah, mereka semua berdiam diri di dalam rumah di dalam suasana keheningan hari raya Nyepi.

http://news.okezone.com/images-data/photo/2009/03/26/1/2567/image0.jpg

Semua umat Hindhu dilarang keluar Rumah kecuali satu, yaitu para Pecalang. Lalu Siapakah pecalang itu ?

Pecalang adalah satuan petugas keamanan tradisional di Bali yang bertugas untuk membantu dan mengamankan berbagai acara ritual umat Hindhu di Bali.

http://ima.dada.net/image/medium/7208936.jpg

Terlebih lagi pada hari raya nyepi dimana tak ada satupun umat Hindhu di bali yang keluar rumah, sehingga mereka harus berpatroli keliling desa untuk mengamankan desa dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hampir setiap kampong di Bali pasti mempunyai minimal 30 pecalang, mereka bertugas membantu jalanya upacara dan ritual Hindhu yang diselenggarakan di desa mereka

Bahkan kini ada yang namanya pecalang laut, para pecalang yang khusus bertugas untuk mengamankan daerah pantai di Bali.

Penampilan pecalang tidak seperti satuan keamanan seperti stpam dan yang lainya, pecalang menggunakan pakaian adapt bali, dengan kain Poleng (itu lho, kain yang warnanya hitam dan putih persis seperti bendera F1 atau papan catur) sebagai bawahan.


Pecalang memang sudah ada sejak jaman dahulu, Tradisi pecalang memang sudah mengakar di tradisi Bali. Para pemuda yang dianggap memiliki criteria dan kemampuan sebagai pecalang biasanya akan diangkat sebagai pecalang.

http://www.denpasarkota.go.id/instansi/i_album/?image008.jpg

Pada awalnya, pecalang kurang tersohor sebagai satuan kemanan, tapi semenjak pecalang selalu sukses mengamankan kongres partai PDI Perjuangan yang sering dilaksanakan di Bali, maka kemudian nama pecalang mulai tersohor di Seantero Nusantara sebagai salah satu satuan keamanan adat yang sangat terkenal.

http://blog.baliwww.com/images/melasti/melasti030.jpg

Hingga kini, pecalang Bali masih sangat dibutuhkan oleh para masyarakat Hindhu di Bali, bahkan Pecalang juga menjdi salah satu ikon pulau bali yang begitu terkenal Lho,,,,,

Artikel ini disusun oleh Admin Sekedar tahu. Silahkan Copas asalkan tetap menyertakan sumbernya, Mohon hormati kerja keras Admin yang sudah susah-susah menyusun artikel ini

http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Pecalang, satuan keamanan adat Bali" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger