Home » » Guan Dao, Tombak Pedang andalan Guan Yu

Guan Dao, Tombak Pedang andalan Guan Yu

Bagi kalian penggemar cerita legenda tiga negara (Legend of Three Kingdom), atau kalian penggemar game Romance of Three kingdom atau Dinasty Warriors, kalian pasti tahu dengan sosok Guan Yu. Guan Yu adalah salah satu Jenderal besar dari kerajaan Shu yang juga merupakan saudara seperjuangan Zhang Fei dan Liu Bei.

http://megidochan.exteen.com/images/Shu/Guan%20Yu.jpg

Tapi kali ini kita tak akan membahas sosok Guan Yu, melainkan akan membahas senjata andalan milik Guan Yu, yaitu tombak pedang yang diberi nama Guan Dao. Dalam Novel Samkok (Novel yang menceritakan tentang kisah legenda tiga kerajaan), Senjata Guan Dao atau lebih sering disebut dengan Pedang bulan sabit didefinisikan sebagai tombak besar dengan pisau melengkung yang besar di bagian pucuknya yang sekaligus juga sebagai mata tombaknya.

http://2.bp.blogspot.com/_jluNALX4kKU/S1M4g0rdaJI/AAAAAAAACpo/BTLSJdhwSDo/s400/guandao1.jpg

Menurut Dr. Yang Jwing Ming dalam bukunya yang berjudul Ancient Chinese Weapons: A Martial Artist’s Guide, Guan Dao berasal dari jaman Tiga Kerajaan (221-280 AD), dan konon tingginya 8 chi (1 chi=0.3581 meter, jadi 8 chi=2.87 meter) dan beratnya antara 80-90 kati (1 kati=1 pon). jadi jika diubah kedalam satuan kilogram, berat Guan Dao sendiri adalah sekitar 42 kilogram, bisa dibayangkan betapa beratnya senjata ini dan betapa kuatnya sosok Guan Yu yang konon bisa mengangkat sejata ini hanya dengan satu tangan.

http://www.wxf.org/xq/articles/ar4/a4j8.jpg

Senjata ini bisa disebut sebagai salah satu senjata paling modern di jamanya, Karena pembuatan logamnya sudah menggunakan teknologi yang canggih pada masanya, bandingkan dengan teknologi senjata yang dipakai oleh kekaisaran Byzantine Roma saat menyerang sampai di wilayah Kazakhstan dimana saat itu, pasukan Roma hanya menggunakan senjata tombak logam kayu biasa.

Guan Dao umumnya sering digunakan sebagai senjata kavaleri, hal ini memang karena senjata Guan Dao mempunyai keampuhan yang sangat luar biasa, Guandao efektif sekali karena dengan beratnya yang luar (berat Guan Dao yang dipakai oleh prajurit biasa tentunya lebih ringan dibandingkan dengan Guan Dao milik Guan Yu, diperkirakan beratnya sekitar 10 kilo) biasa jadi tidak bisa ditangkis dengan senjata atau perisai apapun. Kalau pun coba ditangkis pasti patah senjata penangkisnya.

Di jaman sekarang, penggunaan Guan Dao hanya sebatas pada perguruan bela diri tradisional China seperti Kungfu, Wushu, dll. Itupun biasanya sudah tidak menggunakan tambahan tombak lagi, hanya goloknya saja, sehingga sekarang lebih populer disebut sebagai golok Dao saja.
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Guan Dao, Tombak Pedang andalan Guan Yu" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

2 comments:

3Fortune Indonesia mengatakan...

Kebetulan baru beres nih ane nonton the lost bladesman, thanks infonya ya sukses selalu

Bagus Pandega mengatakan...

Sip infonya

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger