Home » , » Indonesia negara asia pertama di Piala dunia

Indonesia negara asia pertama di Piala dunia

Kita tahu bahwa negara kita Indonesia kali ini tak lolos ke piala dunia. Memang sangat sulit bagi Indonesia untuk bisa lolos ke putaran final piala dunia, kekuatan sepak bola kita masih sangat sulit untuk bersaing dengan jawara-jawara asia seperti Iran, Arab Saudi, korea selatan, Jepang, dan Australia yang sudah menjadi langganan piala dunia. bahkan banyak yang bilang jika Indonesia hanya bisa bermain di piala dunia jika terpilih menjadi tuan rumah karena bisa lolos secara otomatis.

http://2.bp.blogspot.com/_I98vmfXgPnM/TB6Lz2b66QI/AAAAAAAADxo/HOQIdJdTQf0/s400/nivu.jpg

tapi walaupun negara kita tak lolos ke piala dunia kali ini (dan piala piala dunia sebelumnya dan mngkin sesudahnya), ternyata negara kita mencatat suatu prestasi sekaligus rekor di piala dunia. Negara kita tercatat sebagai negara asia pertama yang pernah mengikuti piala dunia. memang tak banyak yang mengetahui tentang prestasi ini, karena hal itu memang terjadi berpuluh-puluh tahun yang lalu.

http://1.bp.blogspot.com/_I98vmfXgPnM/TB6LLsoOooI/AAAAAAAADxg/Y3KdW8I8H9c/s400/netherlands-east-indies.jpg

Indonesia pertama kalinya mengikuti piala dunia pada tahun 1938 atau piala dunia ke 3 yang berlangsung di Prancis. saat itu, kita masih memakai nama Nederlandsche Indiesche atau Netherland East Indies atau Hindia Belanda. Saat itu kita bisa menjadi peserta piala dunia karena Jepang menoalk ikut serta dengan alasan tidak amanya keadaan di eropa bagi jepang, sehingga Hindia belanda dipilih sebagai penggantinya.

Namun pengiriman timnas ini tidak secara penuh bermateri pemain Indonesia, karena memang bukan bendera PSSI yang memanageri tim ini, melainkan NIVU, yaitu badan sepak bola Hindia belanda. walaupun begitu, tercatat ada banyak pemain asli indonesia di susunan formasi Timnas saat itu, berikut adalah susunan formasi Timnas Hindia belanda

Bing Mo Heng (kiper), Herman Zommers, Franz Meeng, Isaac Pattiwael, Frans Pede Hukom, Hans Taihattu, Pan Hong Tjien, Jack Sammuels, Suwarte Soedermandji, Anwar Sutan, dan kiri luar Nawir yang juga bertindak sebagai kapten. dengan Johannes Mastenbroek sebagai pelatihnya.

http://4.bp.blogspot.com/_I98vmfXgPnM/TB6MBs_9-0I/AAAAAAAADxw/loTjYGD2VO8/s400/gol_ghiggia_gr.jpg

Di partai perdananya, kita indonesia berhadapan dengan Hongaria yang saat itu dijagokan sebagai Juara, Jadi bisa ditebak hasil pertandinganya, kita kalah besar. saat itu skornya adalah 6-0, namun karena sistem kompetisi saat itu menggunakan sistem Knock out (karena pesertanya masih sedikit), jadi Indonesia langsung tersingkir, tapi itulah satu-satunya penampilan Indonesia di Piala dunia.

Silahkan Copas asalkan tahu etika
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Indonesia negara asia pertama di Piala dunia" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger