Home » , » Tsukiji Fish Market, Pasar ikan terbesar di Dunia

Tsukiji Fish Market, Pasar ikan terbesar di Dunia

Tsukiji Fish Market atau pasar ikan Tsukiji adalah pasar ikan terbesar di dunia. Pasar ini terletak di daerah Tsukiji, distrik kota Chuo, Tokyo. Pasar ikan ini adalah pusat grosir penyetoran ikan hasil melaut serta hasil pertanian. setiap harinya, pasar ini mnerima tak kurang dari 2.800 ton pasokan ikan segar dari berbagai nelayan dari seluruh jepang (bahkan seluruh dunia), hal inilah yang kemudian membuat pasar ini dinobatkan sebagai pasar ikan terbesar di dunia.



Pasar ini diresmikan pertama kali pada tanggal 2 Februari 1935. Awalnya pasar ikan Tsukiji ini banyak dikunjungi para wisatawan. Tapi makin lama wisatawan yang datang makin banyak. hal ini membuat masalah tersendiri bagi pengurus pasar. Hal ini dikarenakan karna banyak wisatawan yang membuang sampah sembarangan, dan lagi kehadiran wisatawan yang hanya datang untuk melihat-lihat biasanya justru sering mengganggu proses lelang ikan. Semenjak itu kemudian pihak pasar melarang wisatawan yang hanya melihat-lihat untuk datang ke pelelangan, terutama pelelangan tuna. Hanya wisatawan yang membeli ikan saja yang diperbolehkan.

http://gaijinlife.files.wordpress.com/2010/03/tsukiji1.jpg

Hasil tangkapan dari seluruh dunia tiba di Pasar Tsukiji mulai pukul 17.00 petang hari sebelumnya. Ikan tuna mulai dipamerkan kepada pialang peserta lelang yang memeriksa kualitas barang dan menaksir harga sejak pukul 03.00 dini hari. Lelang ikan tuna dimulai pukul 05.30 yang diikuti pialang dan pembeli terdaftar. Pukul 07.00 pagi, pialang mulai membawa hasil tangkapan dari tempat lelang ke toko masing-masing di kompleks pasar.

http://photography.nationalgeographic.com.au/staticfiles/NGS/Shared/StaticFiles/Photography/Images/POD/t/tsukiji-fish-market-493355-sw.jpg

Barang-barang yang dibeli dari lelang atau dari pialang mulai dimuat ke dalam truk oleh pedagang pengecer untuk dibawa ke pasar atau toko masing-masing di kota. Antara pukul 08.00 hingga pukul 10.00, pasar sangat ramai dengan orang dan truk yang keluar masuk. Pada pukul 11.00, toko milik pialang mulai tutup, dan petugas kebersihan mulai menjalankan tugasnya mulai pukul 13.00

http://www.kilikulu.com/wp-content/uploads/2009/11/tsukiji-1.jpg

Jepang sebenarnya mempunyai 3 pasar sentra penjualan ikan, yaitu Tsukiji, Ohta, dan Adachi, tapi Tsukijilah yang paling laris (Tsukiji melayani 87% proses jual beli ikan di jepang). Pasar Tsukiji ini banyak membawa berkah bagi penduduk Jepang, dari pasar ini ada sekitar 65.000 pekerja, mulai dari pemasok, penjaga toko, petugas lelang, tukang angkuit, hingga petugas kebersihan.

http://farm2.static.flickr.com/1145/1094327931_50c38d0f2c.jpg

Ikan-ikan yang dijual di Tsukiji sebagian besar adalah ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Kualitasnya pun dijamin. Kebersihan ikan pun dijaga baik oleh para pengelola, oelh karna itu maka tak heranjika banyak wisatawan yang datang untuk membeli ikan dan hasil laut lainya seperti kepiting, cumi-cumi, kerang, dan yang lainya.

Silahkan Copas asalkan tetap menyertakan Sumbernya
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Tsukiji Fish Market, Pasar ikan terbesar di Dunia" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger