Home » » Apa sih yang dimaksud dengan Sinkhole ?

Apa sih yang dimaksud dengan Sinkhole ?

Pernahkan kalian membayangkan jika tiba-tiba tanah yang kita pijak ini amblong atau ambles dan kemudian membentuk lubang yang besar ?. Begitulah kira-kira gambaran Sinkhole. Secara gamblangnya, Sinkhole adalah kejadian alam dimana tanah menjadi ambles dan menimbulkan lubang yang besar karena adanya anomali tanah yang biasanya disebabkan karena pergeseran air yang ada di bawah tanah itu sendiri.

http://s.ngeo.com/wpf/media-live/photos/000/211/cache/guatemala-city-sinkhole-2010-aerial-close_21124_600x450.jpg

http://s.ngeo.com/wpf/media-live/photos/000/211/cache/guatemala-city-sinkhole-2010-buildings_21125_600x450.jpg

http://s.ngeo.com/wpf/media-live/photos/000/211/cache/guatemala-city-sinkhole_21110_600x450.jpg

Sinkhole, atau dalam bahasa jawa lebih sering disebut luweng biasanya terjadi di tanah gamping atau di tanah yang mempunyai retakan dasar di bawahnya sehingga air mudah masuk. Pada awalnya ada sebuah retakan yang membentuk lubang akibat masuknya air. Daerah ini biasanya terjadi pada daerah yg tersusun oleh batu gamping. Batugamping ini “relatip” mudah terlarutkan ketimbang batupasir (batuan yang terssun oleh pasir, biasanya mineral kuarsa), lalu setelah itu akan terbentuk rongga yang kemudian akan terisi oleh air. Air itu sedikit demi sedikit akan mengikis tanah, sehingga jika kikisan air itu sudah sampai pada dasar tanah, maka Blunnnnnnng, tanahpun ambles.

untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

http://dongenggeologi.files.wordpress.com/2007/03/sinkhole-1.jpg?w=437&h=340

http://dongenggeologi.files.wordpress.com/2007/03/sinkhole-2.jpg?w=440&h=266

Memang sih Sinkhole biasanya terjadi di daerah sepi penduduk, tapi tak jarang Sinkhole juga terjadi di daerah padat penduduk, sehingga hal ini harus menjadi PR penting bagi semua orang agar leboh waspada pada keadaan tanah sekitar. Jadi mulai sekarang, berhati-hatilah dengan tanah di sekitarmu,,hihihihihihh....

referensi : Nationalgeographic, Dongeng geologi

Silahkan Copas asalkan tahu Etika dalam meng-Copas

http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Apa sih yang dimaksud dengan Sinkhole ?" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger