Home » » Menentukan arah Kiblat dengan Google Earth

Menentukan arah Kiblat dengan Google Earth

Kita tahu bahwa bahwa bagi umat Islam, arah kiblat adalah salah satu unsur penting dalam Sholat, bahkan salah satu rukun sahnya sholat adalah menghadap kiblat. Dan Kiblat umat islam di seluruh dunia adalah kakbah yang ada di kota Mekkah Saudi Arabia. Hanya saja ternyata umat muslim Indonesia masih banyak yang tahu bahwa arah kiblat mereka adalah salah (apalagi para orang tua jaman dahulu). Bagi mereka, arah kakbah itu ya arah barat, padahal jika kita telaah berdasarkan peta, arah kiblat sebenarnya tidak murni barat, melainkan agak menyrong ke utara.

Walaupun sudah banyak masjid-masjid di Indonesia yang sudah mengubah arah kiblatnya dengan mengeser karpet sholatnya, tapi ternyata masih banyak masji-masjid di Indonesia yang belum mengubah arah kiblatnya. Lalu bagaimanakah cara menentukan arah kiblat ?

http://at-tadzkir.org/wordpress/wp-content/gallery/all/kakbah.jpg

Berikut adalah salah satu cara cara paling tepat dan paling canggih dalam menentukan arah kiblat, yaitu dengan menggunakan google earth. Intinya cara ini adalah menarik garis lurus antara masjid dengan kakbah, sehingga nanti akan ada garis khayal yang menunjukkan arah kiblat.



Pertama, silahkan cari lokasi masjid yang akan ditentukan arah kiblatnya dengan menggunakan pencarian (silahkan tulis nama kampung, kecamatan, atau kelurahan tempat masjid berdiri, terus cari lokasi masjidnya) lalu simpan di placemark.



Setelah itu, silahkan cari lokasi kakbah dengan cara yang serupa (Subhanallah, ternyata di google earth, Masjidil Haram tampak putih bersih dan bersinar) Centang lokasi ka’bah di placemark dan hilangkan centang untuk selainnya, lalu Klik Add path yang ada di kiri atas tampilan google earth, lalu klik satu kali dilokasi yang akan dibuat arah kiblatnya. Beri nama di kolom nama, dan jangan klik OK dulu.



lalu Selanjutnya klik play di placemark dan klik pada kakbah satu kali, dan muncullah garis khayal yang sebenarnya adalah arah kiblat yang sesuai. kalian ttinggal menentukan patokan arah kakbah tadi dengan bangunan lain, sehingga kalian tahu arah kakbah yang sebenarnya.

Bagitulah cara menetukan arah kiblat dengan google earth, yaitu membuat garis khayal antara kakbah dengan masjid atau rumah kita, atau bangunan lain yang ingin ditentukan arah kiblatnya.

secara garis besarnya, silahkan lihat gambar di bawah ini. dibawah ini adalah gambar garis khayal yang menghubungkan abtara kakbah dengan masjid yang kita tentukan tadi (sudah diperkecil tampilan zoomnya)



Dengan cara yang mudah ini diharapkan para umat muslim dapat menentukan arah kiblatnya dengan benar dan tepat, sehingga tidak terjadi kesalahan yang fatal dalam penentuan arah kiblat.

http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Menentukan arah Kiblat dengan Google Earth" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger