Home » , » Opera Sabun a.k.a Soap Opera

Opera Sabun a.k.a Soap Opera

Di dalam film-film barat dan Kartun barat, sering sekali kita mendengarkan kata "opera sabun" atau dalam bahasa inggrisnya Soap opera, tapi ternyata banyak dari kita yang tahu apa arti sebenarnya opera sabun tersebut. Lalu apa sih sebenarnya pengertian opera Sabun itu ?

Opera Sabun (Soap Opera) adalah sebuah episode fiksi yang sering ditayangkan sebagai sandiwara radio, poster, atau siaran televisi yang selalu ada lanjutanya (to be continued). Dalam pengertian Indonesia, Opera sabun sering diartikan sebagai sinetron atau telenovela, yaitu tayangan televisi bersambung yang episode berikutnya akan ditayangkan pada waktu tertentu.


Nama opera sabun (Soap Opera) sendiri diambil dari iklan bersambung yang sering ditayangkan oleh perusahaan-perusahaan sabun terkemuka di Inggris di era 30 -an seperti Procter & Gamble, Colgate-Palmolive, dan Lever Brothers. Tren iklan bersambung kemudian meluas menjadi film bersambung dan kemudian mengilhami banyak produser film untuk membuat film bersambung. Opera sabun pertama yang dibuat adalah sebuah iklan sabun super suds yang dibuat dalam bentuk Poster.

http://farm4.static.flickr.com/3599/3397247804_4bc1b7bff6.jpg

Ternyata minat masyarakat pada opera sabun sangat besar, hal ini ditandai dengan banyaknya masyarakat yang selalu setia menantikan acara opera sabun yang ditayangkan setiap harinya. Hingga kini, sebutan Opera sabun untuk film bersambung menjadi tren di seluruh dunia.
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Opera Sabun a.k.a Soap Opera" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

6 comments:

FEBY mengatakan...

wah trnyata gitu y makna'a, thanks info'a
silahkan berkunjung jg y:
http://blog.unand.ac.id/lompatkodok/

Anonim mengatakan...

ooh begitu artinya. haha..
gue penasaran banget, waktu itu temen amerika gue bilang soap opera, gue gak ngerti apa maksudnya. setelah baca di web ini gue jadi ngerti. makasih banget udah share :D
nice info :D

Anonim mengatakan...

Udah lama banget pengen-taunya, baru skrg kesampean. Makasih ya, udah banyak ngebantu nambah pengetahuan.

TEGUH PRIBADI mengatakan...

Opera colai 😂😂😂

basit86 mengatakan...

Wah ini toh yang di sebut opera sabun ..

L mengatakan...

Kaya di WWE make Opera sabun

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger