Home » , » Tatanka Iyotake, Pejuang Indian Terakhir

Tatanka Iyotake, Pejuang Indian Terakhir

Tatanka Iyotake (Tatanka Iyotanka), begitulah orang-orang menyebut namanya. Ia adalah orang Indian dari suku Hunkpapa Sioux (suku yang dikenal sebagai salah satu suku Indian yang paling keras menentang pendudukan orang kulit putih). Ia mempunyai banyak panggilan, yaitu Slow, Jumping Badger, dan Sitting Bull.

http://www.historyforkids.org/learn/northamerica/after1500/history/pictures/sittingbull.jpg
Tatanka Iyotake a.k.a Sitting Bull

Tanggal kelahiranya tak ada orang tahu, tapi intinya adalah ia lahir pada tahun 1831 di dekat Grand River. Ia dikenal sebagai jenderal perang pasukan Indian yang mempunyai sekitar 3500 prajurit. Bersama pasukanya, ia berjuang untuk mengusir kaum pendatang kulit putih dari wilayahnya, mereka mengusir para penduduk kulit putih karna orang-orang kulit putih selalu merebut wilayah kekuasaan mereka.


Tatanka Iyotake

Bersama pasukanya, ia telah menjalani berbagai perang melawan pasukan Kulit Putih (pasukan Amerika), mulai dari perang Awan Merah yang terjadi antara tahun 1865 sampai 1868, Perang besar Sioux yang terjadi antara tahun 1876 sampai 1877, hingga perang yang sangat terkenal, yaitu perang yang dinamakan Beatle of Little Bighorn dimana Ia dan pasukannya melawan Pasukan Pasukan Amerika di bawah komando George Amstrong Custer pada 25 Juni 1876 dimana ia menggunakan taktik gerilya dan berhasil membunuh banyak pasukan Amerika walaupun pada akhirnnya harus kalah..

Ilustrasi Beatle of Little Boghorn

Perang tanduk kecil Beatle of Little Bighorn di tahun 1876 yang merupakan perang antara kaum Indian melawan kaum kulit putih berawal saat terjadinya perjanjian perdamaian antara kedua belah pihak, Suku Indian dibolehkan membangun perkampungan di Dakota, tapi ternyata orang kulit putih justru mengusir suku Indian dari dakota hanya karna di Dakota ditemukan banyak kandungan emas yang berlimpah. ia pun kemudian mengadakan perlawanan kepada Amerika.Perang itu dianggap sebagai perlawana terakhir suku Indian sebelum akhirnya kaum kulit putih mendeklarasikan kemerdekaan mereka atas negara Inggris dan menamakan diri mereka negara Amerika Serikat.

http://www.hometowninvasion.com/photos/470/IMG_5097.jpg
Tempat terjadinya perang little Bighorn

Di Akhir Hidupnya, ia tetap mendedikasikan dirinya untuk kebebasan kaum Indian. Ia berkeliling Amerika untuk mengadakan pertunjukan Wild West Show dimana ia menampilkan tarian yang selalu membangkitkan semangat Indian untuk mengadakan perlawanan pada Amerika. Ia pun akhirnya meninggal setelah kepalanya ditembak oleh pasukan Amerika. ia kemudian dimakamkan di komplek pemakaman Fort Yates sebelum akhirnya makamnya dipindahkan ke komplek makam suku Indian di Mobridge di South Dakota pada tahun 1953.


Makam tatanka Iyotake di South Dakota

Hingga kini, Perjuanganya akan selalu diingat oleh warga Indian. dan oleh seluruh Rakyat Amerika, bahkan cerita kepahlawananya diabadikan dalam sebuah film yang diberi judul Sitting Bull,

Disusun dari berbagai Sumber
Silahkan Copas Asalkan tetap menyertakan Link Sekedar-Tahu
http://4.bp.blogspot.com/-oLZf4y1pIGo/TspBj-jU9BI/AAAAAAAAF-Q/dQxf3c9EThk/s1600/banner.jpg
Jika anda merasa artikel "Tatanka Iyotake, Pejuang Indian Terakhir" ini menarik dan anda ingin mengcopy-nya di blog/website anda, mohon dengan penuh rasa hormat anda sudi untuk mencantumkan sumber blog ini.

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekedar Tahu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger